Rahasia Bakat : The Talent Code (Daniel Coyle)

Di setiap bab dalam buku ini, saya selalu menemukan sepenggal kalimat "Keterampilan adalah suatu penyekat berbentuk sel yang membungkus sel-sel saraf dan tumbuh menurut sinyal-sinyal tertentu". Penyekat yang seperti apa yang dimaksud ? Yang dimaksud penyekat sel adalah "Myelin".


Rahasia bakat dikembangkan dalam penemuan-penemuan ilmiah revolusioner yang menyertakan sebuah saraf insulator yang juga disebut sebagai Myelin. Pada saat ini, beberapa neorologis menyebutkan bahwa myelin adalah cawan suci keterampilan belajar. Alasannya myelin disebut sebagai cawan suci karena setiap kemampuan manusia, baik itu kemampuan bermain bola basket atau bermain karya Bach, dihasilkan oleh rangkaian serabut saraf yang membawa sebuah impuls listrik kecil.


Myelin itu penting karena beberapa alasan :
  • Bersifat universal. Artinya semua orang bisa mengembangkannya, pada sebagian besar orang myelin berkembang pesat selama masa kanak-kanak, namun myelin juga berkembang sepanjang hidup seseorang.
  • Myelin tidak pandang bulu. Maksudnya, pertumbuhan myelin memungkinkan segala macam keterampilan, baik keterampilan mental maupun fisik.
  • Tidak terlihat (abstrak). Kita tidak bisa melihat dan merasakannya. Kita hanya dapat merasakan peningkatannya melalui efek-efek ajaib yang muncul.
Kehebatan tidak dilahirkan, tetapi ditumbuhkan. Inilah caranya ;


A. LATIHAN MENDALAM

Latihan mendalam ini memiliki 3 aturan yang signifikan :
  1. Memecah-mecah. Naluri untuk melambat dan memecah keterampilan ke dalam komponen-komponennya adalah universal. 
  2. Mengulanginya. Tidak ada yang dapat dilakukan dalam membangun keterampilan yang lebih efektif daripada melakukan tindakan, menembakkan rangsangan menuju serabut saraf, memperbaiki kesalahan, dan mengasah sirkuit.
  3. Belajar untuk merasakannya. Bagaimana pun, kita mungkin merasakan seperangkat perasaan sekunder yang berhubungan dengan upaya memperoleh keterampilan baru.
B. PENGAPIAN

Jika dia bisa melakukannya, mengapa saya tidak ? Mengembangkan keterampilan memerlukan latihan mendalam. Tetapi latihan bukanlah hal sepele. Latihan memerlukan energi, hasrat, dan komitmen. Singkatnya , latihan memerlukan bahan bakar motivasi, elemen kedua dari rahasia bakat. Pengapian dan latihan mendalam bekerja sama untuk menghasilkan keterampilan. Pengapian adalah konsep yang aneh, karena membakar di luar kesadaran kita, sebagian besar di dalam pikiran bawah sadar. Hal itu bukan berarti pengapian tidak dapat ditangkap, dipahami, dan digunakan untuk menghasilkan panas yang bermanfaat.

3. PELATIHAN OLEH AHLI

Keterampilan sebagai sebuah proses berupa sel yang tumbuh melalui praktik terus menerus. Pengapian telah memasok energi bawah sadar untuk pertumbuhan itu, dan saatnya menemukan orang-orang langka yang memiliki ketangkasan gaib dalam mengkombinasikan kekuatan-kekuatan tersebut untuk menumbuhkan bakat orang lain. 

Tiga unsur dasar rahasia bakat tersebut secara individual bermanfaat, tetapi penyatuan ketiganya merupakan kunci untuk menciptakan keterampilan. Hilangkan satu maka proses akan melambat. Gabungkan ketiganya, walaupun hanya enam menit, maka perubahan akan terjadi. 

Kembali ke myelin, semakin banyak waktu dan energi yang Anda curahkan dalam latihan yang tepat, maka semakin banyak keterampilan yang Anda dapatkan, atau dengan kata lain semakin banyak myelin yang Anda dapatkan. Sekalipun berbeda-beda, semua penguasaan keterampilan, begitu juga dengan semua pusat-pusat bakat, bekerja dengan prinsip-prinsip tindakan yang sama. 



Comments

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan