Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB


Sebagian besar masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya di Pulau Lombok, mayoritas penduduknya beragama Islam. Masyarakat muslim di lombok banyak membangun masjid yang digunakan untuk aktivitas utama yakni ibadah. Selain ibadah, masjid-masjid tersebut juga digunakan untuk aktivitas lain seperti pelaksanaan akad nikah dan musyawarah mufakat antar masyarakat.


Saking banyaknya masjid yang dibangun, setiap setengah kilometer perjalanan maka akan ditemukan masjid dengan bentuk arsitektur bangunan yang beragam. Dengan jumlah masjid yang kurang lebih 6.000 unit (belum termasuk mushalla), maka tidak heran jika orang-orang memberi gelar kepada provinsi NTB sebagai pulau 1000 masjid. 

Sebagai bentuk usaha menyatukan visi Islam dalam menyiarkan syi’ar agama, dibangunlah Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre NTB yang mulai dikonstruksi sejak tahun 2011 pada masa pemerintahan Dr. TGKH. Zainul Majdi, MA.. Sebenarnya pembangunan Islamic Centre Mataram ini sudah direncanakan oleh gubernur sebelumnya yakni Harun Ar-Rasyid Si dan Drs. H. Lalu Srinata.


Konstruksi bangunan dengan luas lahan 7,75 hektar ini dimulai dengan sebuah perlombaan secara konkrit oleh PT PENTA REKAYASA dari Bandung. Perlombaan tersebut dilakukan dalam bentuk pembuatan Detail Engineer Desain (DED) yang kemudian dimenangkan oleh arsitektur asal Kota Bima dan menghasilkan beberapa unit bangunan Islamic Center diantaranya :
  1.   Bangunan Masjid
  2. Minaret Utama Masjid
  3. Gedung Pertemuan/Ballroom
  4. Sekolah Model Islam Terpadu (TK, SD, SMP, SMA)
  5. Pusat Kajian Agama Islam
  6. Perpustakaan & Museum Islam.

Islamic Center NTB diresmikan sesaat setelah pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Adha 1437 H, tepatnya tanggal 12 September 2016. Dibiayai oleh pemerintah provinsi melalui APBD dan dana masyarakat, maka Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB berhak digunakan ataupun dikunjungi oleh semua orang karena bangunan tersebut merupakan aset milik bersama.


Comments

  1. lebih senang lihat template kemarin. bisa lihat arsip tulisannya. hampir semua isi blog ini saya baca. hehe. saling berkunjung, yuk... https://adoeen.blogspot.com , salam kenal, ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut sy, template yg ini bisa bikin susunan artikel sy jadi lebih rapi.
      Alhamdulillah, ternyata masih ada yg minat baca artikel2 sy. Terima kasih banyak bang. Tunggu spam reading-nya ya. Salam kenal juga ^^

      Delete
    2. mantap. mari belajar bersama-sama. semangat blogger lombok. ^_^

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan