John Holt : Belajar Sepanjang Waktu

Menurut saya, balajar merupakan proses perubahan fundamentalis yang meliputi, tingkah laku, pemikiran dan perubahan jasmani pada manusia.

Seperti esensi dari pemikiran John Holt dalam bukunya "Learning All The Time" yang dikutip The New York Times yang mer yakni pada pembelajaran dan bagaimana anak-anak kecil mulai belajar membaca, menulis, berhitung maupun menyelidiki dunia tanpa harus diajari.




Menarik simpati dan keingintahuan anak dalam membaca & menulis tidak memerlukan pengajaran yang begitu intensif, namun cukup dengan respon positif. Seorang anak bila disuguhkan buku yang berisikan gambar dan tulisan, tentunya ia akan lebih tertarik pada gambarnya saja tanpa ada kemauan untuk membaca. That's why, kita selayaknya memberikan deskripsi yang mampu menumbuhkan kuriositas pada anak kemudian ia akan mulai membaca secara bertahap tanpa perlu diajari, kecuali kalau memang mereka meminta untuk diajari. Begitu juga halnua dengan menghitung angka.

anak kecilpun bisa menjadi ilmuwan peneliti melalui proses dimana anak tersebut mengubah pengalaman langkah demi langkah menjadi ilmu pengetahuan adalah sama halnya dengan orang-orang dewasa yang kita sebut ilmuwan dalam menentukan ilmu pengetahuan. 

Digurui ? Memang sangat menyebalkan, ujar seorang guru veteran. Tidak baik memberikan pengajaran yang tak diharapkan oleh anak. Apa yang orang dewasa dapat lakukan untuk anak-anak adalah dengan membuat semakin banyak dari dunia di sekitar kita dan orang-orang di dalamnya menjadi mudah diakses dan transparan bagi mereka.

Anak-anak akan meniru apa saja yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya dengan cara mereka sendiri tanpa perlu diajarkan, cukup melalui contoh-contoh yang relevan.

Comments

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan