Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Hi para reader.. 
Kamu suka travelling atau jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungin ? Gampang guys.. Kan udah ada aplikasi Google Maps. Tapi Maps akan berfungsi jika kamu menggunakannya dengan online alias make data seluler. Nah misalnya kalo gk ada paket internet gimana ?! Pasti susah dong nyari lokasi yang bakal kamu tuju. Emang Google Maps bisa dipake secara offline ? Ya pasti bisalah.. 

Bagi kamu yang ahli gedget mungkin gk akan asing sama fitur dari aplikasi yang satu ini, tapi ternyata masih banyak loh yang belum melek-melek 😂. Google Maps sudah menyiapkan fitur barunya yakni Offline Areas. Dengan menggunakan fitur Offline Areas ini kalo mau kemana-mana gk perlu make data seluler lagi di Google Maps. Mau tau caranya ? Simak ulasan berikut..

1. Sebelum menggunakan fitur offline areas, kamu harus update Google Maps kamu lewat playstore/appstore ke versi yang terbaru karena di versi yang lama fitur offline tersebut belum ada guys.. Nah kalo udah, silahkan masuk ke aplikasi Google Maps, lalu tap menu option di pojok kiri atas.


2. Lalu tap otion "Offline Areas".


2. Tap "Custome Area".

3. Setelah itu akan muncul jendela peta. Sesuaikan arean mana yang bakal kamu kunjungi atau yang sering kamu kunjungi. Lalu tap "Download". Kapasitas data yang didownload bakal disesuaikan dengan seberapa luas area yang kamu pilih.


4. Lalu beri nama area yang sudah kamu download sesuai keinginan dengan men-tap gambar pen di pojok kanan atas. Misalnya dengan nama area "Mataram".


NB : Kapasitas maksimum untuk area yang akan dipilih adalah 120.000 kilometer persegi. Jika melebihi kapasitas tersebut maka fitur offline tidak akan berfungsi.

5. Finally.. Area yang kamu download bisa diakses tanpa menggunakan data seluler. 

Biar lebih jelasnya, kamu bisa simak tutorial penggunaan offline areas lewat video ini..

(https://youtu.be/rAS5gZkG1fw)

Semoga artikel ini bermanfaat ya guys..
Kalo ada kesalahan ataupun ketidakpuasan kamu terhadap artikel ini, harap titip kritik dan saran di kolom komentar demi kebaikan penulisan artikel. 

"If there is easier way, why must use the wind way"

Comments

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan