Bukit Merese Memang Bukit Cinta

Lombok adalah salah satu pulau yang menyiapkan berbagai destinasi wisata yang begitu indah dan mampu memanjakan mata bagi siapapun yang mengunjunginya. Tidak heran kalau banyak orang yang berburu wisata ke pulau lombok, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang mampu memanjakan mata yakni di Bukit Merese.

(Photo by @ajis.06)


Lokasi & Cara Perjalanan Menuju Bukit Merese

Bukit Merese ini terletak di kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Berbicara tentang Bukit Merese pastinya tidak terlepas dari keindahan pemandangan pantai Tanjung Aan dan Kuta Lombok karena Bukit Merese terletak di sebelah barat Tanjung Aan dan di sebelah timur di Kuta lombok. Lokasi bukit ini cukup tersembunyi sehingga belum begitu banyak orang yang pernah mengunjunginya, bahkan orang lokal pun (termasuk saya) jarang ada yang mengetahui tempat ini. Ketika saya mengunjungi bukit ini, ternyata tersedia dua lokal parkiran. Parkiran pertama berada di sekitar pesisir pantai Tanjung Aan dan yang kedua terletak di sebelah timur. Biaya parkir untuk roda 2 adalah Rp. 5000, sedangkan untuk roda 4 yakni Rp. 10.000. Menurut saya, akses pendakian terdekat menuju Bukit Merese adalah dari tempat parkiran yang kedua karena para wisatawan cukup berjalan sedikit ke arah selatan kemudian akan menemukan arah pendakian. Selain itu, jalur ini juga dapat mengefisiensikan tenaga agar bisa mencapai puncak bukit.



Waktu Perjalanan Menuju Bukit Merese

Waktu yang dibutuhkan menuju ke Bukit Merese adalah sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram dan 1 jam perjalanan kalau dari BIL (Bandara Internasional Lombok).

Hamparan Hijau Di Bukit Merese

Bukit Merese mempunyai nama eksklusif yakni Bukit Cinta. Begitu sesuai dengan namanya, bukit ini mampu menumbuhkan rasa cinta bagi siapa saja yang pertama kali mendatanginya. Kelelahan ketika mendaki bukit ini ternyata mampu terbayarkan dengan keindahan hamparan rumput dan kencangnya angin sepoi-sepoi di atas puncaknya.





Melalui puncak ini, wisatawan dapat melihat keindahan berbagai pantai dari kejauhan seperti Batu Payung, Seger, Tanjung Aan dan Kuta dengan karangnya yang begitu eksotis di bawah air pantai yang jernih. Ada banyak kambing dan sapi milik pengembala yang sedang makan di atas puncak. Tak sedikit para wisatawan memanfaatkan berbagai momen indah tersebut untuk berselfi atau sekedar capturing a view.

(Photo by @chandut23)

Apakah Wisatawan Boleh Trekking Ke Atas Bukit ?

Jawabannya, Ya. Tidak ada notice bagi para wisatawan untuk tidak boleh trekking ke atas bukit. Tapi para wisatawan juga harus memastikan apakah kendaraan mereka mampu menaiki pundukan bukit atau tidak.



Meskipun sudah berkeliling sambil menikmati hamparan rumput yang amazing ini rasanya saya tidak ingin melepas pijakan kaki dari tempat yang bisa dibilang membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama. It's the best venue i ever seen 😍 Sungguh sempurna ciptaan Sang Maha Kuasa terhadap bumi beserta isinya. Subhanallah wal hamdulillah...

"Marvelous vanues will planting you feeling to inside it"

Comments

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan