Menulusuri Akuarium Alam di Pantai Semeti

Di setiap ujung dan sisi pulau lombok terdapat banyak destinasi wisata yang hampir semuanya bisa dibilang "the best place ever". Salah satu dari destinasi tersebut adalah Pantai Semeti. Destinasi yang satu ini akan membantu kamu untuk menghilangkan setres kamu yang berlebihan dengan segala keindahan komponen alamnya. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Pantai Semeti yang katanya mengagumkan ini.

(Taken by Ajis Al Hakim)

Pantai Semeti ini merupakan salah satu deretan pantai berpasir putih di lombok tengah bagian selatan, tepatnya di sekitaran wisata Selong Belanak. Pantai Semeti ternyata diapit oleh pantai-pantai indah seperti Pantai Mawun & Pantai Mawi yang memiliki view yang  hampir mirip dan hanya dibatasi oleh perbukitan.

Jika ingin ke Semeti, kamu akan membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan jarak 54 Kilometer kalau ditempuh dari Kota Mataram. Untuk biaya parkir, kamu cukup bayar Rp. 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.10.000 untuk kendaraan roda empat.

Ketika sampai di tempat parkir, say kira akan langsung bertemu dengan tempat tujuan, tapi nyatanya harus menempuh jalan setapak sepanjang 2 kilometer perjalanan lagi. Akses perjalan sebelum sampai ke tempat bayar parkir,  aspalnya memang masih bagus dan mulus, tapi ketika semakin jauh ke selatan malah jalanannya semakin buruk dan berdebu.  Bentuk jalanan masih seperti itu karena  banyak investor yang belum membangun resort mereka sehingga akses menuju ke pantai semeti belum sempat diperbaiki.

Seperti kata pepatah "bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" dan seusai berjuang keras melawan jalanan yang penuh kekejaman, penderitaan yang kamu alami pun akan terbayar dengan keindahan pantai semeti. Sungguh surga yang tersembunyi di pulau lombok.


Selain pantai dengan air yang bening, tempat ini juga menyuguhkan deretan bukit yang menakjubkan. Kalau ingin melihat bukitnya, kamu harus sedikit berjalan kaki ke arah timur. Tempatnya memang tersembunyi dan sepi. Ada banyak bebatuan di sekitar bukit. Bukit-bukit di semeti ternyata bukit bebatuan. Sedikit terlihat menyeramkan, namun tanaman hijau yang ada di pucuk bukit mampu mengusir semua pikiran negatif dalan otak.


Berjalan sedikit ke arah selatan, kamu akan menemukan akuarium alam yang dihiasi dengan keindahan biota laut. Hempasan ombak ke tubuh bukit semakin membuat siapapun betah berdiam diri disini. Ciptaan Tuhan memang benar-benar indah.

For your information, jika mengunjungi tempat ini cuma berdua atau berempat, sebaiknya pulang di bawah jam 2 ya, karena tempat ini rawan begal. Tapi kalau perginya lebih dari jumlah yang tadi ya bukan masalah. Dengan catatan, harus tetap hati-hati. By The Way, informasi tersebut tentunya bukan jadi penghalang kamu untuk mengunjungi destinasi unik ini.

Selamat bersenang-senang !


Comments

  1. Ih bagusnya, tahun lalu sempet berkunjung ke lombok, tapi ngga singgah kesini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu baru sebagian doang 😍
      Kalo ke lombok lagi jgn lupa mampir ke sini ya
      Aku yakin pasti betah wkwk

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan