Konspirasi Dua Algojo Abad Modern (Bush & Hitler)


Bangkitnya kekuatan militer Jerman dalam waktu 12 tahun (1933-1945) telah menaklukan sebagian besar Eropa adalah satu hal yang sangat mencengangkan bagi banyak orang. Hal yang mengejutkan adalah saat itu Jerman masih dililit oleh Perjanjian Versailles 1919 (tanda kekalahannya pada PD I). Salah satu isi perjanjian tersebut adalah pembatasan kekuatan militer Jerman. 


Untuk menghidupkan Jerman kembali dari keterpurukan ekonomi, Adolf Hitler sang Fuhrer Rich dari Partai Nazi menjalin kerjasama dengan sejumlah industrialis besar yang mempunyai rekanan bisnis para investor dari luar negeri. Jalinan kerja ini dilakukan secara diam-diam. Salah satu dari investor tersebut adalah George Walker Bush dan Prescott Bush. Dua orang leluhur Bush yang pernah memimpin AS. Melalui Union Banking Corporation (UBC), bank raksasa milik keluarga George W. Bush yang dikelola oleh menantunya Prescott Bush, banyak mengalir kucuran uang dari investor AS yang lain. Motif kaum investor ini tidak lain hanya ingin membiakkan uang di negeri yang telah bangkrut akibat perang dan depresi besar.


Pada 1924 melalui perusahaan W. A. Harriman & Company bersama perusahaan milik Thyssen, untuk pertama kalinya praktik investasi dan kerjasama bisnis ini menyalahi aturan main dan tentunya sama sekali tidak etis. Jalur lain bagi aliran dana investor AS ialah melalui perusahaan milik Allen Dulles, yakni Sullivan & Cromwell. Melalui jasanya, Rockfeller bisa memborong nyaris semua saham perusahaan-perusahaan di Jerman pasca PD I.



Memasuki tahun 1928, Nazi meminta Fritz Thyssen untuk memberikan bantuan dana sebesar 2 juta US$ untuk merenovasi kantor Hitler di Barlow Palace, Munich. Hingga akhir PD II, jalinan bisnis ini tetap bertahan, bahkan melibatkan delapan perusahaan raksasa AS. Tidak hanya Jerman, jalinan tersebut juga menjalar ke seluruh Eropa.  


Sumber : 

Rh. Widada. Bush & Hitler. (Yogyakarta : Bentang Pustaka, 2007).


Comments

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan