Cara Hidup Sehat Yang Mudah & Murah Ala GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)


Perubahan zaman akan mempengaruhi perubahan dampak aktivitas yang dialami oleh manusia. Salah satu dampak tersebut adalah penyakit. Ada dua jenis penyakit yang dialami manusia yakni, (1) Penyakit Menular (PM), seperti TBC dan asma.  (2) Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti diabetes dan stroke. Pada era 90-an, PM sempat menjadi penyakit dengan pelayanan kesehatan paling dominan. Namun semenjak tahun 2015, PTM yang merupakan penyakit metabolik tiba-tiba menjadi trending centre atas kenaikan jumlah angka kematian penduduk Indonesia.

PTM ini muncul karena masyarakat menerapkan gaya hidup tak sehat. Perkembangan Ilmu Teknologi dan Informasi menjadi salah satu penyebab berubahnya pola hidup tidak sehat. Semua pekerjaan yang biasanya dilakukan dengan banyak gerak justru bisa dilakukan dalam hitungan detik tanpa banyak gerak. Hal ini menyebabkan manusia malas untuk gerak yang ujung-ujungnya menimbulkan berbagai penyakit kronis.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1396698913746035&id=100002178182410

Kemarin (14/7/2017), sosialisasi GERMAS yang merupakan upaya dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI  pertama kalinya diadakan di lombok dalam bentuk temu blogger untuk menginformasikan kesehatan kepada warga. GERMAS merupakan tindakan bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa agar berperilaku sehat. Adapun cara sederhana yang disarankan GERMAS untuk membiasakan hidup sehat yakni :
  1. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah 
  2. Rutin olah raga/gerak 
  3. Tidak merokok
  4. Jangan minum minuman beralkohol
  5. Membersihkan lingkungan
  6. Cek kesehatan secara rutin

Dalam pertemuan bertopik “Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular” yang disampaikan oleh Dokter Billy Karim tersebut, saya mendapatkan satu konsep sederhana bahwa kesehatan akan ada ketika kita bergerak memeriksa kesehatan secara rutin. konsep tersebut merupakan satu-satunya cara yang paling murah dan mudah untuk mencegah penyakit.

Kualitas Sumber Daya Manusia yang semakin menurun dan menipis ternyata akibat dari pola hidup tidak sehat. Bagaimana kita bisa melaksanakan tugas dan menciptakan inovasi yang cemerlang jika tubuh kita tidak sehat jasmani dan rohani ? Maka dari itu, sehat jiwa dan raga senantiasa selalu dijaga. Pada esensinya, GERMAS bukanlah faktor pendorong masyarakat agar bersedia menjalani hidup serba sehat melainkan dorongan dari diri sendiri tentang pentingnya hidup sehat demi meningkatkan kualitas hidup. Ayo hidup sehat !

Semoga bermanfaat !

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan