Kejujuran & Keberhasilan


Di setiap dimensi kehidupan pasti dibutuhkan sesuatu  sebagai tolak ukur keberhasilan seseorang dalam mencapai keinginannya ataupun kebutuhannya, saya biasa menyebutnya dengan istilah “kejujuran”. Keberhasilan sebagai efek dari kejujuran tidak semata-mata tanpa sebuah jembatan penghubung, melainkan seseorang bisa mencapai keberhasilan jika kejujuran tersebut mampu melahirkan kepercayaan. Memang tidak semua orang akan mampu melakukan hal itu karena mereka cenderung tidak menganggap kejujuran sebagai  salah satu syarat keberhasilan.


Tidak bisa dipungkiri bahwa kejujuran sangat mempengaruhi keberhasilan di bidang pekerjaan yang dimiliki. Tidak banyak ketika seseorang yang tadinya diterima di suatu perusahaan dengan baik karena mampu melewati tahapan seleksi penermaan, tiba-tiba ia diberhentikan hanya karena soal ketidakjujuran yang ia miliki selama bekerja di perusahaan tersebut. Sangat disayangkan bukan kalau sudah susah payah melengkapi berkas pengajuan CV, interview, dll., kemudian diterima dan tiba-tiba dikeluarkan dari perusahaan hanya gara-gara hal sepele yakni tidak adanya kejujuran dalam setiap kinerja yang ia lakukan.

Hal ini juga berdasarkan pengalaman yang relevan ketika ibu saya yang kebetulan berprofesi sebagai pengusaha kecil-kecilan sangat sulit mencari karyawan yang bisa dipercaya alias memiliki tingkat kejujuran yang tinggi. Ibu saya memang tidak pernah menggunakan langkah-langkah berbelit dalam penerimaan karyawan baru karena ia hanya membutuhkan dua substansi yang harus dimiliki oleh calon karywannya yakni kejujuran dan bekerja keras. Kalau masalah gesit atau tidaknya dalam bekerja itu masih urusan proses, yang penting calon karyawannya memilki komponen utama dalam bekerja yakni kejujuran.


Bagaimana peran kejujuran dalam bidang pendidikan ? Pastinya peran kejujuran dalam pendidika memiliki urgensi yang sangat penting. Dengan membiasakan anak didik bersikap jujur dalam segala ucapan dan perbuatannya, maka sikap jujur yang telah terbiasakan di tingkat pendidikan tertentu akan terus dilakukan hingga mereka berkiprah di bidang pekerjaan.

Mari utamakan adanya kejujuran dalam segala hal yang kita lakukan demi tercapainya keberhasilan yang maksimal.

Comments

  1. Pendidikan kejujuran harus diberikan kepada anak sedini mungkin. Hmm pertanyaannya bagaimana menanamkan kejujuran pada anak? Dan bagaimana mempertahankan kejujuran anak hingga dewasa nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut yakni dengan menunjukkan sikap jujur si pendidik untuk anak didik

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan