Inilah Fitur Google Map Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Bagi pengguna telepon pintar (smartphone), Google Map tentunya bukan fitur asing yang bikin pusing. Google Map adalah aplikasi peta elektronik yang sudah ter-install seusai membeli telepon pintar di toko terdekat. Sampai di rumah, si pengguna dengan kekuatan 4G langsung men-download berbagai jenis aplikasi yang lagi ngtrend pada eranya. Kalau memori telepon sudah tidak dapat menampung, mau tidak mau yang lain harus mengungsi ke memory card.


Terlalu sibuk dengan tumpukan aplikasi ngtrend jadi penyebab aplikasi primer dianak tirikan. Kurang lebih seperti itulah yang dirasakan oleh Google Map. Banyak pengguna telepon pintar yang tidak mengetahui keberadaannya. Seakan-akan telepon dalam genggaman hanya jadi alat cekrek dan update status di social media.

Lebih lucu lagi ketika diajak jalan tapi buta rute. Hasilnya jadi nanya sana-sini. Itu pun kalau orang yang ditanya nunjukinnya ke jalan yang benar, kalau nunjuknya ke jalan yang sesat kan jadinya keliling pulau.  Yang pada awalnya penuh semangat berubah menjadi mood buruk bercampur gairah luntur. Supaya tidak demikian, alangkah baiknya menggunakan sebuah pedoman sebagai petunjuk jalan yang benar (Google Map). Dengan pedoman ini, jalan yang terang benderang akan terbuka lebar. Siapkan kuota/wifi terlebih dahulu ya. Berikut simak tata caranya  :

Pertama, buka aplikasi Google Map di telepon pintar. Biasanya terletak di album aplikasi Google bersama kawan-kawannya seperti, Gmail, Youtube, Play Music, dkk.


Kedua, aktifkan GPS. Ketik lokasi tujuan di kolom pencarian atau search here . Bisa tulis alamat lengkap atau nama tempat yang dituju. Sebagai contoh, lokasi tujuannya adalah "Taman Sangkareang".


Ketiga, klik "direction" di pojok kanan bawah untuk melihat rute, jarak, dan waktu yang diperlukan agar bisa sampai ke tempat tujuan. Pada tampilan selanjutnya  akan muncul tulisan jarak dan waktu tempuh untuk bisa sampai ke Taman Sangkareang, yakni 6,1 kilometer dan 14 menit perjalanan.


Keempat, pilih "Your Location" agar Google Map mengetahui lokasi keberangkatan Pasar Sayang-Sayang adalah contoh lokasi keberangkatan. Setelah itu klik "start" yang bersimbol anak panah di pojok kanan bawah dan kemudian anak panah tersebut akan jalan sesuai langkah kaki atau arah laju kendaraan.


Ikuti rute yang sudah diberi warna karena Google Map sudah menyiapkan rute terdekat guna menghemat waktu. Bingung harus belok kanan, kiri atau lurus ? Jangan khawatir, ada pemberitahuan suara sebagai guide. Jika memilih rute lain maka secara otomatis Google Map akan memberi warna rute perjalanan ke lokasi tujuan yang sama.

Jalan-jalan dengan bekal Google Map akan menjamin kualitas perjalanan mulus dan anti sesat. Tidak perlu ribet ke tempat yang belum diketahui rutenya. Tinggal buka Google Map kemudian tancap gas. Mudah dan praktis bukan ? 

Selamat Mencoba !




Comments

  1. Google Map Kadang jalnnya membingungkan kadang juga salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang bang. Notif voice-nya sangat mempermudah user malah. Cobain lagi dah bang hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KESEHATAN ANAK : Hindari Kebiasaan Buruk pada Rongga Mulut/Gigi

21st Century Online Bootcamp by Sprout Academy SEA

Masjid Klenteng Al Ridwan